Cirebon – 03 November 2020 Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon pada Tanggal 01 Oktober 2020 Telah Melaksanakan Kegiatan Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Dengan Menghadirkan 3 Nara Sumber Yaitu Ibu Mia Rahmawaty, M. Pd. Ketua Ikatan Keluarga dan Dosen Universitas Trilogi Jakarta, Ibu Rohimah, M. Pd. Ketua Ikatan Guru Raudhatul Atfal Kabupaten Cirebon, Ibu Jazariyah, M. Pd. Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Dengan Moderator Aip Saripudin, M. Pd. Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Nara Sumber Pertama Mia Rahmawaty, M. Pd. Dalam Paparan Menjelaskan Tentang Landasan Hukum Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 326), KB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TA 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19 atau Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa COVID-19 dalam SKB Mendikbud, Menag, Menkes dan Mendagri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 ini mengatur tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Data Riset Pelaksanaan PROGRAM ONLInE LEARNING Efek dari Keterlibatan Orang Tua Selama Implementasi Pembelajaran Online Dan Isolasi : Positif:
- Keterikatan” Di Sekitar Rumah Telah Membantu Orang Tua Menjadi Stabil Secara Emosional
- Orang Tua Menghabiskan Waktu Berkualitas Dengan Anak
- Memiliki Anak, Telah Membantu Mengalihkan Orang Tua Dari Situasi Saat Ini Negatif:
Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Beban Berlebih Dari Proses Pendidikan, Bantuan Pekerjaan Rumah, Dan Pengaturan Jadwal Yang Berkaitan Dengan Waktu Pembelajaran/Stimulasi Anak Tertekan Takut Prihatin Bingung Khawatir Tentang Anak-Anak Karena Terhentinya Kegiatan Sekolah Insomnia (Zamira Hyseni Duraku, The impact of COVID-19 on education and on the well-being of teachers, parents, and students: Challenges related to remote (online) learning and opportunities for advancing the quality of education, 2020)
Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Masa Transisi Dan Kebiasaan Baru Pembelajaran Tatap Muka Di Satuan Pendidikan Yang Berada Di Daerah ZONA HIJAU Dilaksanakan Melalui Dua Fase Sebagai Berikut:
Masa Transisi
- Berlangsung Selama 2 (Dua) Bulan Sejak Dimulainya Pembelajaran Tatap Muka Di Satuan Pendidikan.
- Jadwal Pembelajaran Mengenai Jumlah Hari Dalam Seminggu Dan Jumlah Jam Belajar Setiap Hari Dilakukan Dengan Pembagian Rombongan Belajar (Shift) Yang Ditentukan Oleh Satuan Pendidikan Dengan Tetap Memperhatikan Kondisi Kesehatan Dan Keselamatan Warga Satuan Pendidikan
Masa Kebiasaan Baru
Setelah Masa Transisi Selesai, Apabila Daerahnya Tetap Dikategorikan Sebagai Daerah Zona Hijau Maka Satuan Pendidikan Masuk Dalam Masa Kebiasan Baru.
Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)
Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Assessment (Penilaian) Adalah Suatu Istilah Umum Yang Meliputi Prosedur Yang Digunakan Untuk Mendapatkan Informasi Tentang Belajar Siswa (Observasi, Rata-Rata Pelaksanaan Tes Tertulis) Dan Format Penilaian Kemajuan (Roberd L. Linn Dan Grounlund, Measurement And Asessmen In Teaching, (New Jersey/Colombus, Ohio: Merril, An Imprint Of Prentice Hall Education, 1995), P.5)
Asesmen Dalam Pembelajaran Adalah Suatu Proses Atau Upaya Formal Pengumpulan Informasi Yang Berkaitan Dengan Variabel-Variabel Penting
Pembelajaran Sebagai Bahan Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Guru Untuk Memperbaiki Proses Dan Hasil Belajar Siswa (Popham, W. James, Clasroom Assessment: What Teacher Need To Know, (Los Angeles: Allyn And Bacon, 1995), P. 6 )
- Penilaian Merupakan Proses Pengukuran Terhadap Hasil Dari Kegiatan Belajar Anak. Penilaian Kegiatan Belajar Di PAUD Menggunakan Pendekatan Penilaian Autentik.
- Penilaian Autentik Merupakan Penilaian Proses Dan Hasil Belajar Untuk Mengukur Tingkat Pencapaian Kompetensi Sikap (Spiritual Dan Sosial),
Pengetahuan, Dan Keterampilan Berdasarkan Fakta Yang Sesungguhnya.
- Penilaian Dilakukan Secara Sistematis, Terukur, Berkelanjutan, Dan Menyeluruh Yang Mencakup Pertumbuhan Dan Perkembangan Yang Telah Dicapai Oleh Anak Selama Kurun Waktu Tertentu
(Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dinin Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan , 2015)
Webinar Seminar Asesmen Dimasa Pandemi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Nara Sumber Ketiga Jazariyah, M. Pd. Materi Penilaian
O T E N T I K : Penilaian Berdasarkan Kondisi Nyata Yang Muncul Dari Perilaku Anak Selama Proses Berkegiatan Maupun Hasil Dari Kegiatan Belajar Yang Dilakukan
K O N D I S I Pendampingan Belajar S E L A M A B D R : Orang Tua Memiliki Porsi Waktu Kebersamaan Dalam Pendampingan Belajar Yang Lebih Banyak Dengan Anak Selama BDR Note : Orangtua Bisa Jadi Bukan Hanya Orangtua Kandung, Namun Orang Dewasa Yang Terlibat Dalam Pengasuhan Anak
Orangtua : Anak Anak Berada Dalam Pengawasan Keluarga Di Rumah Pembimbingan Dan Pendampingan Belajar Dilakukan
Guru : Guru Merencakan Kegiatan Belajar Di Rumah Yang Akan Dilakukan Oleh Anak
Siapa Yang Melakukan ASESMEN?
Selama BDR Asesmen Tidak Bisa Diabaikan, Justru Karena Anak Usia Dini Maka Penting Untuk Dilakukan Asesmen Sehingga Perkembangan Lebih Dapat Dioptimalkan. Guru Dan Orangtua Harus Bekerjasama Dalam Melakukan Penilaian Terhadap Anak.
STIMULASI BELAJAR YANG DINILAI Selama New Normal (COVID 19)
A : Belajar Di Rumah Pada Anak Diharapkan Tidak Hanya Mengejar Akademik Saja Namun Dapat Mengembangkan Kemampuan Life Skill Dan Penanaman Nilai Nilai Karakter
B : Dua Pihak Yang Akan Terlibat Secara Aktif Dalam Pembelajaran Di Rumah Yang Pertama Adalah Orangtua Dan Yang Kedua Adalah Guru Pengalaman Belajar yang Bagaimana?
Pembiasaan Dalam Aktivitas Harian Anak Untuk Menumbuhkan Life Skill Dan Karakter
Apakah Semua Guru Dan Orang Tua Dapat Memberikan Stimulasi Yang Tepat Ketika Pembelajaran Daring?
Guru : Guru Dituntut Kreatif Agar Orangtua Dan Anak Tertarik Berkegiatan Di Rumah.
Orangtua : Kondisi Orangtua Yang Berbeda-Beda Ada Yang Memiliki Keterbatasan Jaringan, Sarana Sampai Dukungan Finansial.
Anak : Tidak Semua Anak Bisa Melakukan Kegiatan Yang Telah Diinspirasikan Oleg Guru Baik Karena Faktor Anak Maupun Orangtua
Kolaborasi Orangtua Dan Guru Dalam Asesmen Pembelajaran Anak
Pendampingan Belajar Oleh Orangtua
Saat Anak Berkegiatan Orangtua Melakukan Pendampingan Sehingga Mengetahui Proses Yang Dilalui Anak Yang Akan Memudahkan Orangtua Memberi Penilaian.
Bagaimana Jika
Bagaimana orangtua bekerja? Orangtua Mendesain Penyesuaian Waktu Belajar
Guru Melakukan Analisis Capaian Perkembangan Anak
Berdasarkan Hasil Pengamatan Orangtua Yang Dilaporkan, Guru Melakukan Analisis Capaian Perkembangan Anak Yang Akan Digunakan Untuk Pelaporan Asesmen Anak
Pendokumentasian Kegiatan Belajar
Orangtua Mendokumentasikan Dalam Bentuk Foto/Video/Catatan Baik Selama Proses Kegiatan Maupun Hasil Belajar / Karya Yang Diselesaikan Anak
Guru Dapat Memberikan Panduan Kepada Orangtua Sehingga Pelaporan Tidak Hanya Berupa Dokumentasi Mati
Pelaporan Hasil Belajar
Orangtua Dapat Melaporkan Dokumentasi Hasil Belajar Baik Berupa Foto/Video/Catatan Kepada Guru
Berikan Pertanyaan Terbuka Sehingga Dapat Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak
Bagaimana Cara Kita Bisa Menggunakannya?
Coba Sebutkan Nama Bendanya?
Apa Yang Akan Kita Buat?
Orangtua/Yang Mendampingi Kegiatan Belajar Mengajukan Pertanyaan Pada Saat Akan Memulai Belajar
Berapa Banyak Yang Diperlukan?
Warna Apa Saja Yang Ada?
Dan Beberapa Pertanyaan Terbuka Lain Yang Dapat Disesuaikan Dengan Kegiatan Belajar, Sehingga Mudah Untuk Mencatat Perkembangan Anak. Selama Kegiatan Belajar Dari Rumah, Orang Tua Dapat Melakukan Langkah Langkah Penilaian Berikut :
Pengamatan dalam bentuk video
Orangtua Mengirimkan Video Pada Saat Anak Berkegiatan Serta Diberikan Keterangannya
Pengamatan dalam photo
Orangtua Mengirimkan Photo Proses Dan Hasil Kegiatan Beserta Narasi Atau Penjelasan Catatan Hasil Pengamatan Selama Kegiatan Dilakukan
Ceklis Karakter
Orangtua Melakukan Pengamatan Pada Saat Anak Melakukan Pembiasaan Atau Saat Berkegiatan Secara Alami
Ceklis life skill
Orangtua Melakukan Pengamatan Pada Saat Pembiasaan Maupun Aktivitas Harian Serta Saat Berkegiatan Secara Alami Guru Melakukan Pengolahan Terhadap Pelaporan Yang Dilakukan Oleh Orangtua ;
Pertama Guru melakukanpengolahan datapenilaian atas dasar dokumentasi serta catatan hasil pengamatan orangtua.
Kedua Analisis Penilaian Mengacu Pada Kurikulum 2013 PAUD Yakni Terpenuhinya KD
Ketiga Rekapan perkembangan anak dalam bentuk ceklis dapat merujukm pada STTPA (Permendikbud 137/2014) atau KD (146/2014)
Keempat Keterpenuhan KD sama dengan pemenuhan STTPA
Analisis Dokumentasi Foto
Pengamatan Hasil Karya
Dokumentasi Yang Dikirim Orangtua Dilakukan Pengamatan
Dokumentasi + Keterangan
Guru Mencatat Informasi Baik Keterangan Lisan Saat Komunikasi Dengan Orangtua Nmaupun Catatan Yang Dilampirkan Untuk Setiap Kegiatan Yang Didokumentasikan Orangtua
Analisis KD Yang Muncul
Berdasarkan Dokumentasi Dan Informasi Pengamatan Orangtua Guru Menganalisis KD Yang Muncul
Catat Penilaian
Guru Memberikan Penilaian (BB, MB, BSH, BSB)







