Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi

Cirebon- 20 Mei 2020 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi : Kamis 09 April 2020 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi Dengan Media Zoom Meeting, Kegiatan Ini Sebagai Media Mata Kuliah Pendidikan Inklusi Deson Pengampu  Syifauzakia, M.Pd dan Lutfatulatifah, M. Pd. Kegaiatan Ini Sangat Bemanfaat Bagi Mahasiswa Dalam Menghadapi Kehidupan di Masyarakat Nanti.

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi :Kegiatan Ini dihadiri Oleh Mahasiswa Semester Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dengan Nara Sumber Siti Sarah Nurfuadah, S. Psi., M. Pd. (Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini)

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi : Berikut Materi yang disampai :

Pengalaman Berada di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (Anak Usia Dini)

  • Pendidikan Inklusif Adalah :

Pendidikan Yang Mengakomodasi Semua Anak Tanpa Memandang Kondisi Fisik, Intelektual, Emosional, Sosial, Maupun Kondisi Lainnya.

Pendidikan Yang Memungkinkan Semua Anak Belajar Bersama-Sama Tanpa Memandang Perbedaan Yang Mungkin Ada Pada Mereka

Pendidikan Yang Yang Berupaya Memenuhi Kebutuhan Setiap Anak

Pendidikan Yang Dilaksanakan Tidak Hanya Di Sekolah Formal, Tetapi Juga Di Lembaga Pendidikan Dan Tempat Lain

  • Pendidikan Inklusif Adalah Layanan Pendidikan Yang Semaksimal Mungkin Mengakomodasi Semua Anak Didik Termasuk Anak Yang Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Atau Lembaga Pendidikan Atau Tempat Lain (Diutamakan Yang Terdekat Dengan Tempat Tinggal Anak Didik) Bersama Teman-Teman Sebayanya Dengan Memperhatikan Perbedaannya. (Tim Pendidikan Inklusi Jawa Brat. 2003:4)
  • Pendidikan Inklusif Adalah Pendidikan Yang Memberikan Layanan Kepada Setiap Anak Tanpa Memandang Kondisi Fisik, Mental,Intelektual, Sosial, Ekonomi, Jenis Kelamin, Suku, Budaya, Tempat Tinggal, Bahasa Dan Sebagainya. Semua Anak Belajar Bersama-Sama, Baik Di Kelas/Sekolah Format Maupun Nonformal Yang Berada Di Tempat Tinggalnya Yang Disesuaikan Dengan Kondisi Dan Kebutuhan Masing-Masing Anak. (Pendidikan Yang Terbuka Bagi Semua/Djuang Sunanta Ph. D,. Dkk. 2004:3).

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi : Kendala Awal Yang Dihadapi

  • Keterbatasan Pengetahuan
  • Keterbatasan Sdm
  • Orang Tua
  • Masyarakat
  • Pemerintah
  • Sarana Dan Pra Sarana

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi : Pendidikan Khusus di Indonesia

Sekolah Khusus/SLB

  • Pendidikan Khusus
  • Sekolah Inklusif
  • Sekolah Integratif/Terpadu

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi : Landasan Hukum Inklusi

  1. Landasan Spiritual – a.Surat An Nisa Ayat 9“Dan Hendaklah Takut Kepada Allah Orang-Orang Yang Seandainya Meninggalkan Di Belakang Mereka Anak-Anak Yang Lemah Yang Mereka Khawatir Terhadap (Kesejahteraan) Mereka. Maka Hendaklah Mereka Bertaqwa Kepada Allah Dan Hendaklah Mereka Mengucapkan Perkataan Yang Benar”. b.Surat Az Zuhruf Ayat 32“Allah Telah Menentukan Diantara Manusia Penghidupan Mereka Dalam Kehidupan Dunia, Dan Allah Telah Meninggikan Sebagian Dari Mereka Atas Sebagian Yang Lain Beberapa Derajat Agar Sebagian Mereka Dapat Saling Mengambil Manfaat (Membutuhkan)
  2. Landasan Yuridis – Konvensi PBB Tentang Hak Anak Tahun 1989. – Deklarasi Pendidikan Untuk Semua Di Thailandtahun 1990. – Kesepakatan Salamanca Tentang Pendidikan Inklusi Tahun 1994.4. UU No.
  3. Tentang Penyandang Cacat tahun 1997.
  1. UU No. 23 tentang Perlindungan Anak tahun 2003.
  1. PP No. 19 tentang Standar Pendidikan Nasional tahun 2004.
  2. Deklarasi Bandung tentang Menuju Pendidikan Inklusi tahun 2004.

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi : Beberapa Pertimbangan Dalam Pendidikan Inklusif

  • Menciptakan Kurikulum Yang Ramah Bagi Peserta Didik
  • Penyesuaian Metode Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran
  • Penyesuaian Kelas
  • Penyesuaian Kurikulum Dan Evalusasi
  • Aksesibilitas
  • Guru Dan Ahli Yang Yang Lainnya
  • Peserta Didik
  • Resource Center (Pusat Sumber)
  • Masyarakat
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi
Pamflet Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi Narasumber Siti Sarah Nurfuadah, S. Psi., M. Pd. (Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini)
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi
Media Zoom Meeting Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi
Media Zoom Meeting Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi
Media Zoom Meeting Webinar Pendidikan Inklusi Dengan Tema Implemetasi PAUD Inklusi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top