Cirebon – 18 Juli 2023 Standar Pelayanan Terhadap Publik : Pada hari sabtu 15 Juli 2023 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan Seminar Nasional Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dengan Tema Pengembangan Digital Cultura Melalui Pemanfaatan Media Sosial : Ciu Branding Dan Peningkatan Citra Positif Dengan Narasumber : Candra Sentosa, S.Kg Pendiri Sekolah Kepribadian Ligamers & Owner Extend Organizer.
Standar Pelayanan Terhadap Publik : Seminar ini adakan agar lebih dalam Standar pelayanan terhadap publik lebik maksimal, materi yang disajikan begitu berarti bagi tenaga pendidik yang tiap hari melayani dari mahasiswa dan dosen, berikut materi yang di sampaikanj oleh Chandra Sentosa, S. KG pendiri sekolah kepribadian ligamers & owner extend organizer.
Standar Pelayanan Terhadap Publik : CHARACTER BUILDING Yaitu Meliputi :
Definisi
Motivator adalah orang yang menyebabkan timbulnya motivasi atau dorongan kepada orang lain untuk melaksanakan sesuatu, misalnya dalam hal peningkatan kualitas kerja.
Karakter adalah watak, tabiat atau sifat – sifat kejiwaan yang tercermin didalam tingkah laku seseorang yang kemudian akan membedakan orang tersebut dengan orang yang lainnya.
Character building adalah membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina dan mendirikan budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain.
Standar Pelayanan Terhadap Publik : Penyebab Konflik Diri Di Lingkungan Kerja
1 Merasa kurang dihargai (cenderung mengingat)
2 Karir tidak berkembang & merasa kurang pemasukan
3 Hubungan tidak baik dengan atasan, rekan kerja & bawahan
4 MISKOM
5 Banyak masalah pribadi, butuh pelampiasan
6 Slow respon, terdistraksi, rebahan & internet,
7 Time management
Membangun Personal Branding
- Ketahui batasannya
- Rotasi tim kerja
- Prediksi masalah
- Proaktif & jangan terburu – buru
- Humoris pada tempatnya
- Jangan jadi kompor atau provokator
- Kurangi mengeluh
- Hindari saling menyalahkan (hemat waktu)
- Berani inisiatif memimpin
- Bertanggung jawab jangan jadi pengecut
- Jangan hilang – hilang & datang sok tau
- Absensi, sesuaikan notif & kuota
Waitress, Enemy dan STORY TELLING Yaitu :
QUOTES
- Kemenangan terbesar bukan ketika kamu berhasil mengalahkan
musuhmu tapi ketika kamu bisa buat musuhmu menjadi temanmu
- Jika kamu sudah merasa benar & menang tetapi kamu masih resah
memikirkannya maka mungkin saja kamu barusan berbuat khilaf
- Tidak ada yang salah dengan ketidaktahuan selama bentuknya bukan kebiasaan
- Berubah memang sakit tapi lebih sakit jika tidak berubah
Digital Skill & Online Learni Yaitu :
Digital Skill
Kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, menggunakan perangkat keras, dan perangkat lunak, serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari.
Skill Yang Diperlukan Di Era Digital
- Desain Grafis, Fotografi & Videografi
- Pengoperasian Gadget Dan Laptop
- Promosi Foto/Video Lewat Internet
- Mengambil dan Mengedit Menggunakan Handphone
- Copywriting & Programing
Caranya : Jangan GAPTEK, apatis hal baru, ikut pelatihan bertanya sama ahli dan usahakan terlibat project
Pengertian Online Learning
Proses belajar mengajar yang memanfaatkan internet dan media digital dalam penyampaian materinya.
Metode ini dianggap lebih dekat dengan generasi pelajar yang dikenal sangat menyatu dengan produk-produk teknologi.
Belajar DARING bias Dari ?
- Media Sosial
- Online Course
- Video On Demand
- Content Marketing
- Search Engine Optimizing
Manfaat Online Learning
- Praktis Dan Fleksibel
- Pendekatan Yang Lebih Sesuai
- Pengalaman Belajar Yang Menyenangkan
- Lebih Personal
- Mudah Didokumentasi
- Ramah Lingkungan
- Alternatif Selama Social Distancing
Di era digital culture seperti saat ini ruang komunikasi dan informasi terbuka lebar, namun dalam menggunakan media digital, bukan hanya persoalan kemampuan dan pengalaman, tapi bagaimana kita bertanggung jawab dengan etika yang baik dan tujuan yang positif berlandaskan Pancasila & menjaga keBhinekaan di negara kita Indonesia pada khususnya karena Waktu akan terus mengubah kehidupan dan Manusia harus siap dengan perubahan tersebut.
Digital Safety And Digital Ethics Yaitu :
Digital Safety atau keamanan digital adalah kemampuan user (pengguna) dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, menimbang dan meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dalam kehidupan sehari – hari.
Contoh :
1 Deteksi virus & spam
2 Penguasaan bahasa
Digital Ethics adalah kemampuan menyadari, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari – hari
Contoh :
- Critical & Creative Thinking
- Service Orientation
Di Era Digital Sebaiknya
Kita memiliki kemampuan yang secara efektif, kritis menavigasi, mengevaluasi dan mengolah informasi dengan menggunakan berbagai teknologi digital.
Hal ini menjadi salah satu kunci peningkatan daya saing, tidak hanya bagi pekerjaan, tapi juga bagi masyarakat umum, khususnya dalam dunia pendidikan
Langkah Cerdas Menggunakan Internet
- Sesuaikan Dengan Kebutuhan
- Memiliki Batasan Waktu
- Melakukan Kegiatan Positif
- Awasi Penggunaan Anak Di Bawah Umur
Perhatikan Hal Ini Saat Online
- Lakukan Komunikasi Secara Terbuka
- Manfaatkan Fitur Perlindungan Teknologi
- Pendampingan Orang Tua
- Perilaku Baik Di Dunia Maya
- Berani Berbicara
- Berikan Waktu Istirahat
- Kombinasikan Metode Belajar
Online Merupakan Proses Yang Memanfaatkan Internet Dan Media Digital Dalam Mencari Informasi Jangan Asal Berselancar Di Dunia Maya Karena Tidak Semua Hal Yang Cocok Denganmu Merupakan Sebuah Kebaikan Dan Kebenaran
EXCELLENT SERVICE
Konsep 7S
- Senyum
- Salam
- Sapa
- Sopan
- Santun
- Semangat
- Sepenuh Hati
Penyebab Kurangnya Kualitas Pelayanan
- SDM
- Budaya & Struktur Otganisasi
- Informasi & Fasilitas
- Bukan Jobdesk
- Tidak Dapat Promosi & Bonus
- Personal Problem
- Time Management
TIPS & TRIK?
Meningkatkan Pelayanan
- Komunikasi 2 arah & berimbang
- Ucapkan maaf & terima kasih
- Perhatikan penampilan & kebersihan
- Meeting inovasi dan evaluasi
- Libatkan tim kerja, jangan malas berkontribusi
- Jangan terbiasa saling menyalahkan
- Mencari solusi untuk diterapkan
Manfaat Meningkatkan Pelayanan
- Meningkatkan kepercayaan target pasar menjadi pelanggan
- Promosi yang lebih menarik dan memperbesar hasil usaha kerja
- Kesempatan ke tantangan kerja yang lebih luas & kesempatan mendapatkan income yang lebih besar
- Track record personal branding yang berguna di kemudian hari
- Role model untuk kemajuan di bidang serupa
STORY TELLING
Market Place Profesional Underpressure Judgement Situation
Conclusion
- Tidak ada yang salah dengan ketidaktahuan selama bentuknya bukan kebiasaan
- Terkadang orang lain & keadaan tidak seburuk yang kamu bayangkan
- Bekerjalah lebih dari apa yang kau dibayarkan
- Bertanggung jawab dengan pilihan pekerjaanmu
- Buktikan Lembaga/intansi ini beruntung mempekerjakan orang sepertimu
Peningkatan Kapasitas pegawai Dalam Menjalin Kumunikasi Yang Baik Di Dunia Kerja Demi Meningkatkan Mutu
Manfaat Kumunikasi Yang Dibarengi Etika
1.Membangun team building yang efektif (jelas yang dibahas)
2.Mempermudah pengambilan keputusan (banyak solusi)
3.Menunjukkan potensi (speak up & ide)
4.Menyampaikan rasa (cinta & kecewa)
5.Menenangkan jiwa lewat berdoa
6.Mentransfer ilmu yang bermanfaat buat orang lain
7.Mengurangi konflik sehingga lebih dihargai karna mengontrol ucapan
Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bersoalisasi Di Lingkungan Pekerjaan
- Jangan Memotong Pembicaraan (Maksud di ending & eyecontact
- Open minded & profesional (akui orang sesuai tujuan perusahaan)
- Kapasitas berbicara (pelajari, jangan asal & terprovokasi)
- Sampaikan maaf baik salah maupun benar & mengalah dengan solusi
Media Komunikasi
- Chat
- Telephone
- Grup
- Vcon
- Surat
- 1 On 1
Elevator Pitch
- Presentasi singkat kalau ada target yang potensial (perkenalan, wawancara, maksud & tujuan )
- Opening, ide mengapa kamu jalankan, script profit, timing & gaya bicara depan cermin Siapa, apa yang kamu ingin & apa kamu butuh
EKSKALASI
- Menaikkan atau bertahan
- Posisi & kewenangan luas dengan tim lain
- Efek samping baru
- Tidak terlibat
Reading case
Siska seorang staf di salah 1 perguruan tinggi, jabatannya adalah sebagai Kepala Bidang Akademik. Beberapa bulan terakhir, pekerjaannya menumpuk & menyebabkan keterlambatan administrasi penginputan nilai mahasiswa. Hingga suatu hari, Siska mendapat desakan dari Wakil Dekan bagian kemahasiswaan untuk menyelasaikan hal tersebut mengingat besok pagi sudah ada mahasiswa yang akan ujian.
Dengan gelisah, Siska menginformasikan ke anggota bidangnya untuk lembur hingga besok pagi di kampus, agar mereka bisa menyelesaikan penginputan nilai tersebut. Tapi ternyata anggota bidangnya merasa keberatan, dengan alasan sudah melampaui jam kerja. Siskapun emosi dan memarahi semua anggotanya. Apa yang sebaiknya Siska perbuat ?
Evaluasi reading case
- Personal Branding (Attitude berkomunikasi) Diksi, sikon, intonasi, niat dan pemahaman
- Tim yang efektif (satu rasa kepemilikan) Apa, dimana, tujuan, observasi & strategi
- Komunikasi yang seimbang (Hargai pe : ndapat) Jangan merespon secara berdasarkaStandar Pelayanan Terhadap Publikn kebiasaan personal











